Bagaimana cara mendaftar Ausbildung tanpa agen? Sebelum itu, apakah anda tahu dengan Ausbildung? Ausbildung sendiri merupakan program atau jenjang pendidikan di Jerman yang memiliki kurikulum lebih ke pelatihan keterampilan dibandingkan teori.

Jadi saat anda mengikuti program Ausbildung Jerman ini, nantinya anda akan lebih banyak mendapatkan praktek daripada hanya belajar teori di kelas saja.

Banyak pelajar di Indonesia yang tertarik untuk mengikuti Ausbildung Jerman, karena selain bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, para pelajar di Indonesia juga bisa mendapatkan bayaran dari program Ausbildung yang sangat tinggi ini.

Bagaimana Cara Mendaftar Di Ausbildung?

Sebelum anda memutuskan untuk mendaftar di Ausbildung, anda harus tahu bahwa program Ausbildung ini berbeda dengan Vocational High School atau SMK di Indonesia. 

Untuk bisa masuk di Ausbildung, anda harus belajar sampai di jenjang pendidikan yang setara dengan SMA terlebih dahulu apabila di Indonesia.

Oleh sebab itu, program ini tentu saja berbeda dengan SMK atau VHS yang hanya memerlukan kelulusan di pendidikan jenjang SMP apabila ingin mendaftar di VHS. Program Ausbildung ini lebih tepat jika disetarakan dengan politeknik di Indonesia.

Namun tetap saja berbeda jika dibandingkan dengan politeknik karena siswa yang akan menempuh program Ausbildung ini diberikan tunjangan serta gaji penuh sebulan sama seperti karyawan.

Cara Mendaftar Ausbildung di Jerman

Balik ke topik pembahasan, lalu bagaimana cara mendaftar Ausbildung di Jerman? Untuk anda yang ingin menjadi siswa Ausbildung, sebenarnya anda memiliki kesempatan yang sama besarnya dengan para peserta lainnya dari negara Jerman.

Karena pemerintah Jerman sendiri membuka program Ausbildung ini untuk semua pelajar dari seluruh dunia.

Keistimewaan dari Ausbildung adalah tidak ada batasan umur untuk mendaftar program ini. Bahkan untuk anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas masih diizinkan untuk bergabung ke Ausbildung Jerman.

Cara mendaftar ke Ausbildung sebenarnya sangat mudah, dimana anda hanya perlu memasukkan lamaran langsung ke Ausbildung yang dimaksud. Selanjutnya, anda akan membutuhkan bantuan dari dinas ketenagakerjaan yang akan membantu memproses kontrak kerja dan juga visa anda.

Perlu anda ketahui, bahwa ada banyak sekali berkas yang harus anda selesaikan jika ingin mendaftar di Ausbildung.

Oleh sebab itu, walaupun biasanya pendaftaran Ausbildung ini dibuka sejak bulan September setiap tahunnya, namun anda harus mempersiapkan berkas-berkas dan juga syarat pendaftarannya jauh-jauh hari sebelum September.

Untuk proses pendaftaran Ausbildung di Jerman ini bisa anda lakukan secara langsung atau melalui agen.

Dimana anda juga mendaftar Ausbildung di Jerman secara langsung di Jerman, keuntungan yang akan anda dapatkan jika mendaftar Ausbildung secara langsung di negara Jerman adalah anda akan lebih mudah dalam tahap interview dan juga penyelesaian berkas.

Apabila anda generasi milenial yang sering menonton Youtube, tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan Giova Savitri, salah satu contoh selebgram asal Indonesia yang sukses menjadi salah satu peserta Ausbildung di Jerman.

Nah jadi untuk anda yang mungkin ingin mendaftar Ausbildung di Jerman tanpa agen, anda akan mengurus semua prosesnya sendiri secara mandiri.

Dimana ada beberapa hal yang harus anda persiapkan seperti visa, dokumen sertifikat kecakapan bahasa Jerman, paspor dan sebagainya.

Memang akan cukup merepotkan jika anda mengurusnya secara mandiri. Untuk itu, anda bisa mengandalkan Virtu Education sebagai salah satu agen pendaftaran Ausbildung Jerman di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *