Resmi Tiba di Indonesia bersama NET89 – Jaringan 3G memiliki bandwith kecepatan hingga 2 Mbps. Untuk saat ini, jaringan 3G sebenarnya masih tergolong mencukupi, bahkan untuk streaming video sekali pun. Namun sayangnya 3G di Indonesia tak begitu optimal. Bahkan di Jakarta saja, jaringan 3G belum terlalu merata. Di dalam gedung tinggi misalnya, jaringan 3G terkadang sulit didapat. Padahal, kecepatan 3G menjadi batas minimum untuk sebuah smartphone yang notabene bisa melakukan apa pun selama ada koneksi Internet cepat.

Di antara 3G dan 4G, sebenarnya ada istilah 3.5G atau juga dikenal dengan istilah HSPA. Teknologi ini membawa peningkatan cukup signifikan, mencapai 3,7 Mbps. Di Indonesia sendiri, khususnya Jakarta, jaringan 3G sudah banyak digantikan oleh HSPA guna menunjang kebutuhan data pengguna gadget di tanah air. Jauh di atas 3G, 4G melenggang dengan kecepatan maksimum yang terbilang fantastis. Teknologi ini memiliki bandwith kecepatan download hingga 300 Mbps serta upload hingga 75 Mbps. Namun perlu diingat, kecepatan tersebut adalah kecepatan maksimal yang bisa diraih apabila penyedia layanan Internet mampu menyediakan ekosistem yang mendukung dan dapat bekerja secara maksimal.

Bisa dibayangkan, seandainya kecepatan 4G di Indonesia bisa mencapai 50 Mbps, Anda hanya memerlukan waktu 2,5 menit untuk men-download file berukuran 1 GB. Kenyataan tak seindah mimpi Wajib Anda ketahui, kecepatan maksimal teknologi 3G maupun 4G tidak ada artinya apabila penyedia layanan Internet tidak mampu membangun ekosistem yang memadai. Ujung-ujungnya, kecepatan maksimal yang diklaim hanya sebatas mimpi atau isapan jempol saja.

Sepanjang sejak terjang teknologi 4G di Indonesia, hal ini sudah terbukti ketika PT. Internux merilis BOLT! yang menyediakan layanan Internet 4G LTE. CHIP menjadi salah satu media yang sempat menjajalnya. Pada awalnya, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 25 Mbps dengan catatan, area jangkauannya masih sangat terbatas. Tak lama kemudian, BOLT! sudah memiliki area jajahan lebih luas dan merata. Sayang, kecepatannya menurun drastis karena banyaknya pengguna. Kecepatan real-time yang dihasilkan berkisar di angka 5 Mbps (download). Inikah saatnya?

Sumber : https://net89.net/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *