Jadi, perbedaan mendasar dari skizofrenia dan bipolar, yaitu bipolar merupakan gangguan mood, sedangkan skizofrenia lebih banyak ke arah gangguan isi pikiran ada waham dan halusinasi serta gangguan proses pikir inkoheren.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Cegah Dengan Vaksin Influenza

Sampai saat ini penyebab pasti dari skizofrenia belum diketa hui. Ada beberapa Iaktor penyebab selama kehamilan yang dapat berpengaruh, seperti inIeksi, preeklamsia, gizi buruk, diabetes melitus, perdarahan, dan gangguan psikososial. ,nIeksi yang sering terMadi pada masa kehamilan, antara lain influenza, toksoplasmosis, rubela, dan herpes simpleks tipe 2, padahal pada dasarnya infeksi virus di masa kehamilan, seperti measles, rubella, varicella-zoster, dan polio berpotensi meningkatkan risiko Manin mengalami skizofrenia di kemudian hari.

Faktor daya tahan tubuh mamil memengaruhi mudah atau tidaknya inIeksi influenza terjadi. Penurunan daya tahan tubuh selama kehamilan berpotensi meningkatkan percepatan penularan inIeksi influenza yang akan berpengaruh pada gangguan perkembangan saraI otak Manin. Dari bukti serologi, penelitian prenatal Determinant of Schizophrenia melaporkan, terdapat hubungan antara paparan influenza yang terjadi saat kehamilan dengan skizofrenia dan gangguan bipolar. Menurut Brown, vaksinasi flu pada mamil akan lebih eIektif menurunkan risiko bayi terkena gangguan bipolar.

Malah, sejak 1997 Centers for Disease Control and prevention pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, badan Departemen kesehatan dan layanan masyarakat di Amerika Serikat telah merekomendasikan vak-sinasi influenza untuk mamil pada trimester kedua dan ketiga. Rekomendasi ini kemudian direvisi pada 2004 menjadi semua mamil di trimester kehamilan berapa pun dianjurkan untuk diberi Vaksinasi influenza. Begitu pun Komite penasihat imunisasi Nasional Kanada, pada 2007-2008, untuk pertama kalinya merekomendasikan semua perempuan hamil divaksinasi influenza.

Vaksin influenza yang di rekomendasikan adalah yang berasal dari Virus yang sudah dimatikan. The American College oI Obstetricians and Gynecologists ACOG dan The Advisory Committee on immunitation practices ACIP tidak merekomendasikan pem berian vaksinasi influenza yang berasal dari virus hidup atau dilemahkan, karena bisa mengakibatkan gangguan perkembangan otak janin. pemberian vaksin influenza ini Juga harus atas seijin dokter ya, Ma. Tidak dianjurkan pemberian vaksin semprot hidung.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *