Tablet Nokia Terbaik untuk Kerja di Kota Bunga

Tablet Nokia Terbaik untuk Kerja di Kota BungaP ertarungan dua vendor besar di ranah tablet ini memang menarik untuk disimak. Tak hanya memiliki kelengkapan, keduanya berspesifi kasi prima. Penasaran mana yang bisa jadi jawara, ikuti perbandingan fi tur berikut. Nokia N1 merupakan tablet Android pertama keluaran Nokia. Tablet ini bukan merupakan hasil produksi dari Nokia sendiri, melainkan kolaborasi dari dua perusahaan yakni perusahaan Nokia dan Foxconn. Tablet asal Finlandia ini rencananya dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2015 di negara Tiongkok dan beberapa negara Eropa. Sementara iPad Mini 3 merupakan produk terbaru dari vendor asal California, AS, yakni Apple. Perangkat ini merupakan generasi penerus dari iPad Mini 2. Dimensi Nokia N1 memiliki dimensi 200.7 x 138.6 x 6.9 mm dengan berat 318 gram. Bentang layarnya 7,9 inch menggunakan teknologi LED backlight IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna. Resolusi layar pada Nokia N1 sebesar 2048 x 1536 pixels dengan kepadatan 324 ppi. Layarnya telah dilapisi dengan lapisan anti gores Corning Glass 3. Wal hasil, tablet ini mempunyai ketahanan tinggi terhadap goresan dan benturan.

Selain itu, Nokia N1 mempunyai kemampuan multitouch yang responsif terhadap sentuhan. Tablet keluaran Apple, iPad Mini 3 memiliki dimensi 200 x 134.7 x 7.5 mm dengan berat 331 gram. Bentang layarnya 7,9 inch menggunakan teknologi LED backlight IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna. Resolusinya 1536 x 2048 pixels dengan kepadatan 324 ppi. Layarnya telah dilapisi dengan lapisan anti gores Oleophobic Coating, untuk melindungi layar terhadap goresan. Dilihat dari besar layar, resolusi layar, dan kepadatan layar, Nokia N1 sebanding dengan iPad Mini 3. Dilihat dari segi dimensi, Nokia N1 jauh lebih besar jika dibandingkan denggan iPad Mini 3, namun Nokia N1 jauh lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan dengan iPad Mini 3. Dilihat dari anti gores, Nokia N1 jauh lebih unggul daripada iPad Mini 3. Karena anti gores Nokia N1 (Gorrila Glass 3), merupakan anti gores yang lebih tahan 3x lipat, jika dibandingkan dengan Gorilla Glass generasi sebelumnya. Selain itu, terdapat fi tur baru Never Damage Resistance di Gorilla Glass 3, yang membuat jika terjadi goresan di Gorilla Glass 3, goresan akan terlihat lebih halus 40% dari generasi sebelumnya. Sedangkan anti gores iPad Mini 3 (Oleophobic Coating), hanya merupakan lapisan yang terdapat di permukaan kaca, yang berfungsi untuk meminimalisir kaca agar tidak mudah tertempel debu dan minyak, dan tahan terhadap goresan. Kelebihan inilah yang membuat Nokia N1 jauh lebih unggul daripada iPad Mini 3 dari segi dimensi dan anti gores.

Dapur Pacu Dapur pacu pada Nokia N1 ditenagai oleh chipset Intel Atom Z3580, prosesor quad-core dengan kecepatan 2.3 GHz. Grafi snya mengenakan PowerVR G6430 dan menggunakan OS terbaru dari Android, yakni OS Android v5.0 Lollipop dan Nokia Z Launcher. Dapur pacu pada iPad Mini 3 ditenagai oleh chipset Apple A7, prosesor dual-core dengan kecepatan 1.3 GHz Cyclone. Grafi snya mengenakan PowerVR G6430 dan menggunakan OS terbaru dari Apple, yakni iOS 8.1 Dilihat dari sektor dapur pacu, Nokia N1 (chipset Intel Atom Z3580) di atas performa dari iPad Mini 3 (chipset Apple A7). Prosesor yang dikenakan Nokia N1 (quad-core 2.3 GHz) di atas performa dari iPad Mini 3 (dual-core 1.3 GHz Cyclone). RAM Nokia N1 (2 GB) di atas performa dari iPad Mini 3 (1 GB). Grafi s yang dikenakan Nokia N1 dan iPad Mini 3 sebanding, karena dua-duanya mengenakan PowerVR G6430. Untuk OS, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk Android, kekuatannya terletak pada kemampuan kustomisasi yang tinggi di banding iOS. Selain itu user interface lebih cerah dan keyboard kaya akan fi tur. Untuk iOS, kekuatannya terletak pada app messaging, family sharing, dan app kamera yang kaya akan fi tur. Memori RAM Nokia N1 sebesar 2 GB. Kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB, yang dapat leluasa dalam menyimpan segala fi le di dalam tablet ini. Namun sayang, perangkat ini tidak disuguhkan kapasitas penyimpanan eksternal, sehingga pengguna harus berpuas diri dengan kapasitas penyimpanan internalnya saja. RAM iPad Mini 3 sebesar 1 GB.

Kapasitas penyimpanan internal sebesar 16, 64, 128 GB, karena kapasitas penyimpanan internal 16 GB sudah tidak dikeluarkan lagi dari pihak Apple. Namun sayang perangkat ini tidak disuguhkan kapasitas penyimpanan eksternal, sehingga pengguna harus berpuas diri dengan kapasitas penyimpanan internalnya saja. Dilihat dari sektor memori, Nokia N1 (RAM 2 GB) lebih unggul dibandingkan dengan iPad Mini 3 (RAM 1 GB). Kapasitas penyimpanan standar Nokia N1 (32 GB) jauh lebih unggul dibandingkan dengan iPad Mini 3 yang kapasitas standarnya 16 GB. Kamera Di sektor kamera, Nokia N1 memiliki kamera belakang 8 MP beresolusi 3264 x 2448 pixels. Ditambah dengan fi tur AF dan geotagging memperlengkap tablet ini. Namun sayang, kamera belakang Nokia N1 belum dilengkapi dengan LED fl ash. Kamera depannya beresolusi 5 MP Ditambah dengan fi tur fi x focus di tablet ini, menghasilkan foto jernih dalam mengabadikan momen selfi e. Dalam merekam video, kedua kamera Nokia N1 memiliki resolusi 1080p@30fps Di sektor kamera, iPad Mini 3 memiliki kamera belakang 5 MP beresolusi 2592 x 1944 pixels. Ditambah dengan fi tur AF, geotagging, touch focus, face and smile detection, dan HDR. Namun sayang kamera belakang iPad Mini 3 belum dilengkapi dengan LED fl ash. Kamera depannya beresolusi 1.2 MP. Ditambah dengan fi tur face detection dan FaceTimeOver.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *