Maraknya Bisnis Sparepart KW

Maraknya Bisnis Sparepart KWBarang yang dibanderol dengan harga miring tentunya sangat menarik. Apalagi kalau secara kebetulan kita membutuhkan barang tersebut. Beberapa orang bahkan rela membeli barang murah meski merk dan performanya terkadang tidak jelas, dan lebih parah lagi membeli barang dengan label KW, yang penting kebutuhan bisa terpenuhi. Namun perlu dicermati, tidak selamanya barang murah memberikan kualitas yang prima, apalagi kalau embel-embel KW melekat padanya. Mari kita tengok ITC Roxy Mas. Di kawasan ini, toko sparepart ponsel memeroleh tempat sendiri di hati konsumen. Bila toko-toko lain, misalnya toko ponsel, sesekali waktu harus mengakui sepinya pelanggan, namun tidak dengan toko sparepart. Tak pandang musim, toko sparepart terus ramai diserbu banyak orang. Ada yang datang untuk membeli suku cadang ponsel, tak jarang pula orang yang membawa ponselnya untuk diperbaiki, terutama dari toko-toko yang menawarkan jasa service ponsel. Kebanyakan toko sparepart bertempat di lantai 2 ITC Roxy Mas. Jangan heran kalau beberapa spot di lantai 2 terkesan ramai.

SINYAL mencoba mendatangi salah satu toko yang ramai dengan pengunjung. Sekadar uji coba, SINYAL menanyakan keberadaan baterai dan charger, terutama merk Samsung. Ternyata toko tersebut tidak menyediakan baterai dan charger, Yang ada adalah suku cadang khusus untuk service ponsel. Kemudian SINYAL beralih ke toko lain dengan menanyakan hal yang sama. Masih di lantai 2, SINYAL menemukan toko sparepart yang menjual baterai dan charger. Di toko tersebut, SINYAL mendapati baterai Galaxy Young dibanderol dengan harga Rp25.000 saja. Sekilas barang ditawarkan menunjukkan keasliannya ditandai dengan adanya hologram bertuliskan “original” di sebelah kanan atas. Setelah dikonfirmasi, ternyata bateri tersebut tidak sepenuhnya original. Penjaganya mengatakan baterai tersebut berkualitas ori 99%, sementara untuk keterangan lebih lanjut seperti daya tahan baterai, kapasitas baterai dan sebagainya, penjaga toko tersebut tidak memberikan penjelasan apa pun. “Gak tau mas, saya juga ga pakai sih,” ujar penjaga toko tersebut.

Adapun, baterai original Samsung Galaxy Young dihargai Rp95.000, sayangnya penjaga toko tersebut mengaku bahwa baterai original sedang kosong. Barang murah tentunya memang sangat bersahabat dengan kantong. Namun, berpikirlah ulang untuk membeli barang yang diragukan keasliannya, pasalnya tidak ada yang menjamin kualitasnya. Hatihati, jangan mau untung malah berakhir buntung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *