Jangan sampai tubuh ibu kekurangan cairan karena hanya menggunakan makanan penambah ASI saja. Namun kandungan air dalam tubuh juga harus diperbanyak. Air sangat penting untuk mendehidrasi tubuh dan melancarkan produksi ASI. Tanpa air ibu akan kekurangan cairan dan mudah sakit.

Baca Juga: Makanan Penambah ASI

Aturan minum air putih bagi ibu hamil adalah 10 hingga 12 gelas sehari. Jumlah ini memang lebih banyak daripada kebutuhan orang biasa yakni sekitar 8 gelas per harinya. Hal ini disebabkan yang akan mengkonsumsi bukan hanya ibu namun juga bayi.

Waspada, Jenis-Jenis Makanan Penghambat ASI

Anda sudah mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi, namun Anda juga harus paham manakah jenis makanan yang harus dihindari. Siapa tahu ternyata Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang harus dihindari karena akan menghambat produksi ASI dalam tubuh.

Apa saja sih makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui agar ASI tetap diproduksi dengan lancar? Berikut ini macam-macam makanan yang harus dihindari.

  • Fast food ( makanan cepat saji)

Makanan cepat saji sebenarnya adalah makanan yang terkenal dengan kandungan gizi yang buruk. Harus dihindari oleh ibu hamil karena mengandung banyak kalori jahat. Kentang goreng instan, mie instan, bubur instan dan segala makanan instan lainnya harus dihindari karena akan menghambat produksi ASI.

  • Kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein harus segera dihindari. Jika Anda pecinta cake tiramisu maka dikurangi porsinya. Kafein sangat tidak baik untuk produksi ASI. Kafein akan membuat bayi Anda yang telah minum ASI menjadi rewel karena merasa gelisah. Selain itu kafein juga memicu iritasi lambung bayi.

  • Garam berlebih

Makanan yang mengandung garam berlebih harus dihindari. Garam memiliki sifat panas sehingga akan memblokir produksi ASI. Selain itu garam berlebih akan merusak penyerapan makanan dalam tubuh bayi. Nutrisi yang seharusnya banyak diserap justru rusak karena kandungan garam.

  • Makanan berasa asam

Rasa asam dalam makanan memang sangat menggugah selera namun sayangnya makanan ini tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan asam membuat bayi akan rusak lambungnya setelah minum ASI. Selain itu sistem pencernaan bayi akan melemah karena tingkat keasaman yang tinggi.

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *