Modal Jempol Dan Akun Anonim III

Kanal itu sebenarnya sudah ada sejak April lalu. Namun DragonTV baru meledak belakangan. Salah satu isu yang digulirkan adalah ajakan menarik uang secara serentak di bank pada November lalu. DragonTV juga pernah menebarkan isu bahwa tentara marah karena polisi menangkap Kivlan Zen, yang dituduh hendak melakukan makar saat demonstrasi 2 Desember 2016.

Seorang penyidik di Polda Metro Jaya mengatakan polisi kesulitan melacak DragonTV. Orang-orang di balik DragonTV menyamarkan nomor jejak Internet (IP address) mereka ke beberapa negara, seperti Brasil, Inggris, dan Spanyol. Maka polisi dan Kementerian Komunikasi harus bekerja sama dengan penyedia jasa Internet di negara-negara itu. Polisi masih menyisir satu per satu alamat protokol tersebut di luar negeri.

Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan membenarkan penelusuran DragonTV. Menurut dia, polisi sudah meminta konfrmasi kepada kanal dengan nama yang sama yang ada di Cina. ”Di sana ada DragonTV juga, tapi mereka memastikan bahwa DragonTV di Indonesia hanya mendompleng nama,” ujar Iriawan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *