Kantor sebagai pusat kegiatan sebuah perusahaan memiliki peranan penting. Bagi entrepreneur muda yang baru ingin mendirikan perusahaan ataupun perusahaan yang sudah mapan, memiliki kantor dengan kriteria tertentu merupakan salah satu tujuan.

Tidak dapat dipungkiri, sebuah kantor akan menjadi wajah perusahaan, yang menjadi nilai jual perusahaan tersebut yang akan menjadi penilaian tersendiri baik dari karyawan perusahaan tersebut hingga konsumen.

Dimulai dari letaknya yang strategis, luas area, desain eksterior dan interior ruangan kantor, dan lain-lain. Dapat dikatakan, Memiliki sebuah gedung kantor adalah langkah strategis pertama yang harus dipikirkan oleh perusahaan.

Namun memang harus diakui, memiliki atau membeli sebuah kantor memerlukan biaya yang cukup tinggi, bahkan tanpa harus memikirkan hal-hal lainnya.

Dimulai dari pembangunan, membeli berbagai macam furniture kantor, hingga maintenance atau perawatan gedung kantor, biaya yang akan dikeluarkan akan cukup besar.

Apakah Membuat Kantor Memerlukan Biaya Besar?

Lalu pertanyaannya, apakah mempunyai kantor harus memakan biaya sebesar itu? Apalagi di era digital apakah masih relevan memiliki kantor?

Seperti yang telah diungkapkan diatas, kegiatan fisik atau operasional sebuah perusahaan masih sangat diperlukan saat ini, bahkan bagi perusahaan bidang teknologi dan digital sekalipun.

Untuk mengatasi beberapa masalah tersebut diatas, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, antara lain coworking space dan sewa. menyewa gedung kantor merupakan pilihan bijak yang bisa diambil.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menyewa gedung kantor, salah satunya adalah biaya. Biaya sewa dan maintenance akan menjadi lebih terjangkau daripada harus memiliki/membangun sebuah kantor, bahkan di wilayah strategis, terutama di Jakarta sebagai pusat perekonomian dan bisnis. lalu, bagaimana cara menentukan tempat sewa kantor di wilayah yang strategis terutama di Jakarta?

Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan acuan dalam menentukan tempat sewa kantor yang strategis di Jakarta.

  1. Lokasi kantor di Jakarta

Sebelum menentukan tempat sewa kantor yang strategis di Jakarta, sebuah perusahaan harus memperhatikan beberapa hal seperti fungsi kantor, target market, kegiatan operasional, dan lain-lain sehingga membutuhkan strategi khusus dalam menentukannya.

Head office akan sangat berbeda dengan kantor cabang, baik dari lokasi hingga kegiatan operasionalnya. Jika ingin menyewa kantor untuk dijadikan kantor pusat, posisi kantor merupakan hal pertama yang harus diperhatikan, sebagai contoh kawasan segitiga emas, Mega Kuningan, Jakarta adalah pilihan bijak.

Selain merupakan salah satu pusat kegiatan bisnis/perkantoran di Jakarta, daerah tersebut sangat strategis, hingga secara otomatis, perusahaan akan terlihat berkelas.

Terlepas dari level perusahaannya, baik itu perusahaan kecil, menengah maupun perusahaan multinational, ruangan yang dibutuhkan akan cukup besar karena semua kegiatan operasional berpusat di kantor tersebut, tergantung banyaknya divisi dan jumlah staf yang dimiliki sebuah perusahaan.

Secara umum, setidaknya dibutuhkan 4 ruangan, yaitu: ruang customer service, ruang meeting, ruang staff dan ruang managerial/CEO.

Baca Juga: Cara Membagi Keuntungan Agar Cepat Kaya

Perusahaan seperti jasa ekspedisi, jasa pengiriman barang, penjualan retail dan bank, sangat cocok jika berada pada pusat kegiatan bisnis seperti di Thamrin, SCBD atau Kuningan.

Ruko dengan 3 sampai 4 tingkat dapat menjadi pilihan untuk kantor perusahaan dengan beberapa kegiatan usaha seperti retail atau minimarket.

Perusahaan yang membutuhkan area luas seperti bongkar muat, trucking dan pergudangan, daerah Jakarta utara menyediakan banyak area luas yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Rukan atau ruko kecil bisa menjadi opsi sebagai pusat kegiatan bisnis perusahaan yang bergerak dibidang kuliner atau bisnis online seperti tour and travel, lanjut ke artikel bagaian ke dua.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *